Abdy : DOB Sudah Ada Lampu Hijau

  • by

Kabar gembira bagi daerah yang selama ini mendambakan pemekaran atau DOB (Daerah Otonom Baru) karena pemerintah pusat berencana akan mencabut moratorium bagi daerah yang ingin pemekaran. Hal ini diungkapkan oleh Dr.Abdy Yuhana.SH.MH, bahwa untuk pemekaran daerah atau DOB sudah ada lampu hijau dari pemerintah dan hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi daerah yang selama ini telah merencanakan untuk melakukan pemekaran.

“Sementara ini kan pemerintah masih melakukan moratorium atau penundaan terhadap kebijakan bagi DOB, tetapi kemarin sudah ada lampu hijau bahwa pemerintah pusat akan mencabut moratorium, terutama di Papua. Saya kira tidak hanya di Papua, di Jabar juga penting untuk melakukan pemerkaran atau DOB sebagai dasar agar Jabar ini lebih maju kemudian masyarakatnya juga bisa terlayani oleh pemerintahan daerahnya masing-masing,” ujarnya kepada Radar Garut saat ditemui di Bandung.

Saat Radar Garut menayakan terkait dari mana moratorium itu akan segera dicabut, apakah dari pihak DPR atau pemerintah, Abdy menegaskan bahwa rencana pencabutan moratorium tersebut muncul dari orang nomer satu di Indonesia yaitu Presiden RI Jokowi.

“Wacana pencabutan moratorim dari Presiden, di Jabar sendiri sudah ada beberapa daerah yang secara politik sudah melakukan keputusan di DPRD nya masing-masing seperti Bogor dan Kabupaten Garut,” ujar anggota Komisi I DPRD Provinsi Jabar dari Fraksi PDI Perjuangan.

Abdy juga menjelaskan bahwa di Jabar sendiri penduduknya sudah mencapai hampir 49 juta dengan total kota maupun kabupaten hanya 27. Sehingga tidak efekif, satu kabupaten dengan jumlah penduduk yang begitu banyak. Sementara itu di NTT satu provinsi cuman 4 juta, Bali satu provinsi cuman 3 juta.

“Jadi saya kira di Jabar ini perlu dilakukan daerah otonomi baru untuk melakukan pembentukan daerah otonom baru, sebagai dasar agar jawa baratlebih maju kemudian masyarakatnya bisa terlayani oleh pemerintah daerahnya masing-masing. Apalagi Garut dengan 42 kecamatan wilayahnya juga cukup luas. Sukabumi jumlah kecamatan 47, bandingkan dengan Jatim 38 juta, jumlah kabupaten/kota juga 38 dan desanya hampir 10 ribu, sedangkan di Jabar hanya 5113 desa,” jelasnya.

Abdy juga menyampaikan, ada beberapa daerah yang sudah layak untuk dimekarkan karena jumlah penduduk yang banyak dan wilayah daerahnya yang cukup luas diantaranya Kabupaten Garut, Bogor dan juga Sukabumi.

“Yang terpenting political will nya dulu baru pemekaran untuk mengefektifkan daerah kemudian yang utama adalah pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Sumber :

https://radarpriangan.com/abdy-dob-sudah-ada-lampu-hijau/?fbclid=IwAR2ug67E1FMZrGs8mv0J7G874IUy9TyQ-upW0qh5G6t83sEWlNlH3dp5eNw