Abdy Dorong Pemprov Jabar Bangkitkan Industri Rotan

  • by

Abdy juga akan mendorong Pemprov Jabar membangkitkan kembali geliat sektor industri rotan pasca dihantam badai pandemi sejak 2 tahun terakhir.

Abdy Dorong Pemprov Jabar Bangkitkan Industri Rotan
Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Abdy Yuhana.

Bandung – Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Abdy Yuhana mengapresiasi pengrajin rotan yang tergabung dalam Bumdes Sunar Harapan, Desa Leuwilaja, Kabupaten Majalengka.

Abdy juga akan mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk membangkitkan kembali geliat sektor industri rotan pasca dihantam badai pandemi sejak 2 tahun terakhir.

“Kami akan mendorong Pemerintah Daerah agar mensupport industri rotan agar perekonomian di Jawa Barat kembali bergairah,” kata Abdy saat menjadi narasumber dalam diskusi Erfahrung Rattan Bumdes Sunar Harapan, Desa Leuwilaja Kabupaten Majalengka di Universitas Parahyangan Bandung, Senin (4/10/2021).

Abdy juga sangat mengapresiasi berbagai produk kerajinan rotan yang dihasilkan oleh para perajin Majalengka yang berhasil menarik perhatian pasar luar negeri terutama Benua Eropa.

“Kerajinan rotan masih menjadi salah satu andalan perdagangan Kabupaten Majalengka. Saya mengapresiasi produk rotan dari Desa Leuwilaja telah berhasil menembus pasar luar negeri,” tutur politisi PDI Perjuangan ini.

Namun Abdy juga mengingatkan agar Bumdes Sunar Harapan terus memperluas pangsa pasar.

Salah satunya adalah dengan melakukan kolaborasi atau bersinergi dengan lokasi-lokasi wisata.

“Selama masa pandemi Pemprov Jabar mengalami defisit hingga Rp. 5 triliun. Saat ini Pemprov Jabar terus mendorong peningkatan PAD salah satunya menggenjot sektor wisata. Ini bisa disinergikan antara pengrajin dengan tempat-tempat wisata dan harus ada komunikasi yang intensif dengan lintas Pemerintah Daerah,” paparnya.

Abdy juga berharap agar para pengrajin juga memproduksi kebutuhan kantor dan rumah tangga.

“Kami akan dorong instansi dan perusahaan yang ada di Jabar untuk menggunakan produk-produk dari Bumdes Sunar Harapan,” tandasnya.

Pameran Bandung Art Month Erfahrung Rattan Bumdes Sunar Harapan, Desa Leuwilaja Kabupaten Majalengka digelar mulai tanggal 4 – 9 Oktober di Thee Huis Gallery Taman Budaya Jawa Barat.

Pameran ini akan menampilkan berbagai kerajinan rotan Desa Leuwilaja yang disandingkan dengan seni.

Sumber : https://www.gesuri.id/pemerintahan/abdy-dorong-pemprov-jabar-bangkitkan-industri-rotan-b2cAWZ3va

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *