Abdy Ungkap Ikatan Kuat Bandung Dengan Soekarno

  • by

Bandung menjadi saksi sejarah dari perjalanan hidup dan ideologi Bung Karno, sejak Tahun 1921 sampai dengan 1933.

Abdy Ungkap Ikatan Kuat Bandung Dengan Soekarno
Ketua PA GMNI Jawa Barat (Jabar) Abdy Yuhana.

Bandung, – Ketua PA GMNI Jawa Barat (Jabar) Abdy Yuhana mengungkapkan fakta keterkaitan antara Bandung dengan Bung Karno, sebagai ‘patron’ ideologi GMNI. 

Abdy memaparkan, Bandung memiliki ikatan kuat secara historis dengan Bung Karno. Kota ini menjadi saksi sejarah dari perjalanan hidup dan ideologi Bung Karno, sejak Tahun 1921 sampai dengan 1933, sebelum ‘Bung Besar’ diasingkan ke Ende.

“Di Bandung lah imajinasi dan kreativitasnya memuncak dalam perspektif membangun narasi tentang akan pentingnya Nasionalisme bagi Bangsa Indonesia,” ujar Abdy, baru-baru ini. 

Dimulai pada saaat menempuh kuliah di Technische Hogeschool te Bandoeng (kini ITB),  pemikiran Bung Karno semakin matang. Kemudian, ujar Abdy, pada 4 Juli 1927 Bung Karno membentuk organisasi Partai Nasional Indonesia (PNI).

“Dan di Bandung juga lah Bung Karno merumuskan suatu aliran ideologi yang disebut Marhaenisme yang diawali pertemuannya dengan seorang petani yang bernama Ki Marhaen di daerah Bandung Selatan, sebagai implementasi pisau analisa Psikologi massa selain pemahamannya tentang geopolitik,” ungkap Abdy. 

Tidak hanya itu saja,  Abdy menjelaskan bahwa di Bandung Bung Karno menyampaikan Pledoi (pembelaan) di hadapan sidang pengadilan yang dulu dikenal dengan Landraad. Bung Karno menamakan pledoi itu sebagai Indonesia Menggugat. 

“Pledoi yang isinya perlawanan terhadap kapitalisme dan imperialisme pada zamannya tersebut mengguncang dunia. Pasalnya, mampu membuka mata dunia internasional tentang tidak diamnya bangsa- bangsa terjajah dengan perlawanannya terhadap sistem yang diterapkan oleh penjajah yang sangat merugikan, khususnya bagi bangsa Indonesia,” papar Abdy. 

Abdy pun mengutip pernyataan Bung Karno, ‘Hanya ke Bandung lah aku kembali kepada cintaku yang sesungguhnya’. 

Itulah, ujar Abdy, sepenggal harapan yang pernah disampaikan  oleh Bung Karno, dalam melihat Bandung.

” Dan menjadi kontekstual melalui Kongres Persatuan Alumni GMNI di Bandung. Semangat itu terekonstruksi lagi, sebagai episentrum, pusat dan kiblat Nasionalisme Indonesia,” pungkas kader PDI Perjuangan itu.

Sumber : https://www.gesuri.id/pemerintahan/abdy-ungkap-ikatan-kuat-bandung-dengan-soekarno-b2cEnZ4Fh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *