Abdy Yuhana Ajak Generasi Muda Lestarikan Budaya Bangsa

  • by

Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat Abdy Yuhana mengajak generasi muda agar melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Di tengah-tengah gempuran budaya asing, menurut Abdy, menjaga warisan budaya merupakan salah satu amanat yang terkandung dalam UUD 1945.

“Melestarikan amanat UUD tapi juga merupakan komitmen kita sebagai generasi muda untuk melestarikan apa yang telah ditinggalkan para leluhur kita,” kata Abdy saat menghadiri Peresmian Padepokan Sanggar Seni Topeng Banjet Sinar Pusaka Warna Abah Pendul di Kp Bayur 02 Rt 09 Rw 03 Desa lemahdulur Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang, baru-baru ini.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, hal ini juga sejalan dengan Konsep Trisakti Presiden Pertama RI Soekarno yang salah satunya menyerukan berkepribadian dalam bidang budaya.

“Founding father kita, pendiri negara dan bangsa Indonesia, Presiden pertama RI, Bung Karno telah merancang adanya Trisakti yaitu daulat di dalam politik, mandiri dalam ekonomi, dan berkepribadian di dalam berbudaya,” ungkapnya.

Abdy menuturkan setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan yang menjadi ciri khasnya masing-masing, begitu juga Provinsi Jawa Barat ini. Provinsi Jawa Barat memiliki beragam kesenian dan kebudayaan yang cukup banyak jumlahnya.

Kebudayaan daerah di Provinsi Jawa Barat, imbuh dia, lebih dipengaruhi oleh dua kebudayaan utama, yaitu kebudayaan Sunda dan kebudayaan Cirebon. Kebudayaan Sunda berkembang di tataran Sunda, Tanah Pasundan atau Tanah Priangan.

Kebudayaan Cirebon berkembang di daerah bekas karesidenan Cirebon kawasan bagian utara

“Topeng Banjet merupakan kesenian tradisional berbentuk teater rakyat khas Kabupaten Karawang. Jangan sampai generasi muda tak mengenal kesenian daerahnya sendiri jadi harus memiliki penerus untuk melestarikan budaya ini,” pungkasnya.

Topeng Banjet merupakan seni pertunjukan multi dimensi, dimana dalamnya terdapat seni Karawitan, Tari dan Drama.

Pertunjukan Topeng Banjet pada umumnya memiliki alur berupa pembukaan dengan tatalu yang diiringi nyanyian kawih pesinden, diteruskan dengan babak cerita yang di selingi bodor atau lawakan ataupun demo silat.

Sumber:

https://portaljabar.net/web/24274/abdy-yuhana-ajak-generasi-muda-lestarikan-budaya-bangsa.html?fbclid=IwAR2H3nvKNlB0ohaG7RODiw-V0ATj1dLHUztQlFNPSHE_pE42377-9cCbFDg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *