Abdy Yuhana Diganjar Democracy Award

  • by

Tak sekedar menjadi seorang politisi, Sekretaris DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Barat Abdy Yuhana, dikenal pula sebagai seorang aktivis, intelektual, dan advokat.

Menjadi aktivis sejak duduk di bangku kuliah dengan bergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), membuat Abdy tak melupakan pendidikan akademiknya. Bahkan, dirinya berhasil meraih gelar doktor Ilmu Hukum dari Universitas Padjajaran Bandung.

Hal ini yang membuat Abdy diganjar Democracy Award kategori Tokoh Intelektual Muda oleh salah satu media.

“Penghargaan ini merupakan salah satu apresiasi terhadap para tokoh Jawa Barat, politisi, juga rektor. Diharapkan, ke depannya akan terus lahir orang yang punya integritas di Jawa Barat,” ujar Abdy, dalam Malam Budaya Kujang Mas 2017, di Bidakara Savoy Homann, Sabtu (28/10) malam.

Abdy menyebut, demokrasi di Indonesia pernah mengalami top down, sehingga memunculkan ketertutupan, dan timbul gerakan reformasi. Sementara, era sekarang adalah demokrasi bottom up, yang menghasilkan kebebasan yang begitu besar dalam proses demokrasi.

“Saya ingin demokrasi yang tidak terlalu bebas, tapi tidak ketat juga. Jadi kita harus mampu mengendalikan, dimana negara juga mampu mengendalikan. Jadi, pemerintah harus mengeluarkan regulasi dimana negara lain sudah memberlakukan aturan tersebut,” urai Abdy.

Abdy menyatakan, peran pers sangat penting dalam kehidupan berdemokrasi. Peran pers cukup besar untuk mengawasi masyarakat, terutama saat pemilihan kepala daerah serentak tahun depan. Apalagi, dirinya menilai, pers bisa membesarkan, namun bisa pula mengecilkan seseorang.

“Sehingga peran pers sangat strategis. Dan, terpenting pers harus independen. Sehingga, bila ada hal-hal tertentu yang harus dinilai, seperti seseorang atau lembaga, dengan independen tersebut, objektivitas bisa terjaga,” pungkas Abdy.

Sumber :

https://akurat.co/id-80883-read–abdy-yuhana-diganjar-democracy-award

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *