Abdy Yuhana : Gagas Pancasila dan KAA, Bung Karno Dihormati Dunia

  • by

BANDUNG – Anggota DPRD Jawa Barat Abdy Yuhana mengungkapkan Proklamator kemerdekaan Republik Indonesia, Bung Karno adalah tokoh inspiratif yang karya-karyanya mempengaruhi generasi muda pencinta Indonesia hingga sekarang.

Dan bahkan, ujar Abdy, karya-karya intelektual Bung Karno itu diakui dunia.

“Buktinya, Bung Karno mendapat 26 gelar Doktor Honoris Causa dari dalam negeri maupun dunia” ujar Abdy, ketika diwawancarai oleh sebuah stasiun televisi baru-baru ini.

Bung Karno, sambung Politisi PDI Perjuangan itu, adalah tokoh sentral yang menggelorakan solidaritas bangsa-bangsa Asia dan Afrika untuk meraih kemerdekaan. Hal itu tampak dari digelarnya Konferensi Asia-Afrika (KAA) di Bandung pada 1955.

“Dan hingga saat ini, nama Bung Karno diabadikan sebagai nama jalan-jalan di beberapa negara Asia dan Afrika. Itu bukti bahwa Bung Karno dihormati dunia, khususnya bangsa-bangsa Asia dan Afrika,” ujar Abdy

Kemudian, sambung Abdy, pada Sidang Umum PBB 30 September 1960 Bung Karno menawarkan lima prinsip untuk menjadi pedoman bagi bangsa-bangsa di dunia. Hal itu ia sampaikan dalam pidato yang berjudul ‘To Build the World A New atau Membangun Dunia Kembali.

“Kelima prinsip yang ditawarkan Bung Karno pada dunia itu, adalah Pancasila. Karena dalam pandangan Bung Karno, Pancasila bisa menaungi kemajemukan dunia,” kata Sekjen DPP PA GMNI itu.

Sumber :https://independensi.com/2022/06/22/abdy-yuhana-gagas-pancasila-dan-kaa-bung-karno-dihormati-dunia/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *