Abdy Yuhana: Pemuda Harus Terlibat dalam Proses Pembangunan di Daerah

  • by

Pemuda selalu mengambil bagian penting dalam tataran sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Berbagai momentum penting bangsa Indonesia digerakkan oleh pemuda termasuk dalam melaksanakan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan nasional dan daerah.

Hal itu diungkapkan Anggota DPRD Jabar Dr. Abdy Yuhana, SH., MH., dalam diskusi kepemudaan yang digelar DPD KNPI Kabupaten Garut, belum lama ini.

Abdy mengatakan, momentum penting bangsa diperankan karena pemuda merupakan perwujudan dari kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan.

Untuk menjaga dan mengembangkan peran pemuda perlu dilaksanakan pembangunan kepemudaan yang diwujudkan dengan istrumen pendukung berupa keberadaan perangkat hukum di daerah.

“Perda yang merupakan perangkat hukum di daerah menjadi instrumen untuk menyelenggarakan pembangunan kepemudaan yang berotentasi pada potensi dan karakteristik daerah,” katanya.

Abdy menambahkan, dalam Pasal 12 ayat (2) Undang-undang No. 23 Tahun 2015 tentang Pemerintah Daerah disebutkan, salah satu urusan wajib pemerintah daerah yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar adalah urusan bidang kepemudaan dan olahraga.

“Di Jawa Barat terdapat Perda Nomor 8 tahun 2016 tentang Pedoman Pelayanan Kepemudaan,” katanya.

Akan tetapi, Abdy melihat  pelibatan pemuda dalam pembangunan di Jabar dinilai masih rendah. Oleh karena itu, Abdy berupaya mendorong agar potensi kepemudaan yang ada di Jawa Barat senantiasa dilibatkan dalam pembangunan.

“Pemuda harus terlibat dalam proses pembangunan di daerah,” kata Abdy. (*)

Sumber : https://juaranews.com/berita/40383/16/07/2020/abdy-yuhana-pemuda-harus-terlibat-dalam-proses-pembangunan-di-daerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *