ANGGOTA DPRD PROPINSI JAWA BARAT DR. ABDY YUHANA TEGASKAN PANCASILA

  • by

Majalengka – Anggota DPRD Jabar dari Fraksi PDI Perjuangan dapil Sumedang, Majalengka, Subang laksanakan Sosialisasi empat konsensus Kebangsaa dimasa Pandemi Covid 19, dengan Tema Citra Bhakti/Parlemen Dalam Sketsa Kebangsaan.

Sosialisasi ini dilaksanakan di Kabupaten Majalengka. Pelaksaan kegiatan tetap memperhatikan protokol Kesehatan.

Empat Pilar Konsensus Kebangsaan, Pancasila, UUd 45, NKRI, Bineka Tunggal Ika, sudah harga mati menjadi pedoman dalam berbangsa dan bernegara.

Jangan ada lagi perdebatan tentang Pancasila sebagai dasar Negara.

Lima sila sudah teruji dan mampu mempersatukan Indonesia dengan segala keberagaman, maka selama hayat masih dikandung badan Rakyat Indonesia harus menjalankan Idiologi Pancasila.

Hal tersebut dikemukakan anggota DPRD Jawa Barat Abdi Yuhana saat melakukan sosialisasi Empat Pilar di wilayah pemilihannya di Majalengka dengan sejumlah pemuda, mahasiswa dan struktur Partai PAC PDIP, Senin (24/8/2020).

Politisi muda humanis yang mengambil Desertasi doktor Hukum Tata Negara ini sangat jelas singkat padat dan gamblang menjelaskan Empat pilar kebangsaan sebagai pedoman berbangsa dan bernegara.

“Jangan ada lagi perdebatan soal Pancasila. Lima sila yang tertuang sekarang telah mampu mempersatukan semua agama yang terikat pada Ketuhanan Yang Maha Esa, mempersatukan bahasa suku, adat, budaya Indonesia dalam bingkai NKRI, maka selama hayat masih dikandung badan Rakyat indonesia harus bersatu bergotongroyong menjalankan Idiologi Pancasila.” ungkap Abdy yang mendapat respon positif dari banyak anak muda yang hadir.

Landasan Dasar bernegara sudah diatur dalam UUD 45, dan tidak boleh bertentangan dengan Pancasila karena Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum, empat konsensus bernegara merupakan kesepakatan bersama dalam menyatukan hidup bersama berbangsa dan bernegara,

Penyampaian 4 pilar Konsensus Kebangsaan yang disampaikan Abdy Yuhana sangat menarik terbukti dari banyaknya  peserta sangat antusias terhadap materi yang disampikan lewat sejumlah pertanyaan peserta.

Banyak penanya membuktikan bahwa mereka memahami apa yang disampaikan serta bentuk rasa cinta masyarakat terhadap Pancasila sebagai dasar negara RI.

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini menurut Abdy untuk yang pertama kali dilakukan oleh DPRD Propinsi Jawa Barat. Dan katanya ini merupakan usulan PDI Perjuangan agar sosialsiasi empat pilar kebangsaan tersebut bukan hanya dilakukan oleh DPRRI namun akan lebih baik dilakukan semua anggota dewan di DRPD Provinsi.

“Bahkan sangat lebih baik juga jika ini masuk di agenda DPRD Kabupaten/Kota di Indonesia. Hal ini akan lebih maksimal bisa sampai di masyarakat,” ungkap Abdy.

Abdy Yuhana juga berharap kepada seluruh peserta yang hadir mulailah lakukan diskusi diskusi pengamalan Pancasila dilingkup yang kecil, sehingga sosialisasi ini bermamfaat dan berkesinambungan sehingga seluruh masyarakat tidak terprofokasi dengan pemahaman yang belum jelas.

Di akhir acara sebelum ditutup dengan Doa, Abdy Yuhaha tidak lupa menekankan kedisiplinan dalam memutus mata rantai Covid 19 dan mengambil bagian ikut serta mengingatkan, mensosialisasikan protokol kesehatan kepada saudara tetangga dan masyarakat sekitar dimanapun dan kapanpun. (KD 01)

Sumber : https://korandesa.id/anggota-dprd-propinsi-jabar-doktor-abdy-yuhana-tegaskan-pancasila/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *