Maksimalkan Pelayanan Publik, DPRD Jabar Sambut Baik Usulan Tiga DOB

  • by

Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) bakal diusulkan Pemprov dan DPRD Jabar untuk memaksimalkan aspek pelayanan pemerintah terhadap masyarakat. Pasalnya, jauhnya pusat pemerintahan dengan masyarakat menjadi kendala bagi yang tinggal di pelosok daerah.

Anggota Komisi I DPRD Jabar, Abdy Yuhana menjelaskan, Provinsi Jabar secara geografis maupun demografis memiliki wilayah yang sangat luas. Kemudian total jumlah penduduk di satu kabupaten di Jabar hampir sama dengan penduduk di satu provinsi di luar Pulau Jawa.

“Misalkan, di Kabupaten Bogor yang berpenduduk sekitar lima juta jiwa, kalau dibandingkan dengan Bali atau NTT, paling sekitar tiga juta jiwa,” jelas Abdy Yuhana, Kamis (19/11).

Selain itu, jumlah kecamatan dalam satu kabupaten juga sangat banyak, seperti di Kabupaten Sukabumi yang mempunyai 47 kecamatan. Kemudian hal itu juga dapat dibandingkan dengan Jatim total penduduk 38,85 juta jiwa serta memiliki 38 kabupaten/kota, lalu penduduk Jateng 34,71 juta jiwa memiliki 35 kabupaten/kota. 

“Nah Jabar dengan penduduk 49,94 juta jiwa, hanya memiliki 27 kabupaten/kota,” imbuhnya.

Oleh karena itu, pihaknya merespon positif usulan DOB di tiga wilayah yakni, Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, dan Kabupaten Bogor Barat. Bahkan, pihaknya mengunjungi tiga wilayah tersebut untuk bertemu dengan para Bupati, guna membahas terkait pemekaran daerah atau DOB.

“Pada prinsipnya semua sudah sepakat dilakukan pemekaran, sehingga dalam waktu dekat ini Pemprov Dan DPRD Jabar akan mengusulkan secara resmi tiga DOB di Jabar ke Pemerintah Pusat,” tukasnya.

Sumber : https://www.rmoljabar.id/maksimalkan-pelayanan-publik-dprd-jabar-sambut-baik-usulan-tiga-dob

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *